Daerah

Pemerintah Desa Semelako I Bangun JUT dan Irigasi

Bengkulusatu.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Semelako I, Kecamatan Lebong Tengah, Kabupaten Lebong melaksanakan titik nol pembangunan fisik bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2023 berupa rabat beton Jalan Usaha Tani (JUT), Jum’at (1/12/2023) pagi, sekira pukul 09.45 WIB. Adapun volume JUT tersebut sepanjang 227 meter dengan pagu anggaran senilai Rp 89 juta.

Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Semelako I, Wezi Nofitria, SE mengatakan, pembangunan JUT sangat diperlukan untuk memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian dan masyarakat saat beraktivitas sehari-hari.

“Sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya, Kami (Pemdes Semelako I, red) melaksanakan pembangunan JUT. Baru saja kita telah melaksanakan titik nol pembangunan. JUT ini penting karena selain akses ke areal persawahan, juga sebagai jalan lingkungan (pemukiman, red),” ungkap Wezi usai pelaksanaan titik nol pembangunan tersebut di kantor desa Semelako I.

Foto bersama Pjs Kades Semelako I dengan Sekretaris Camat, BPD, Babinkhantibmas, Babinsa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, dan perangkat desa saat melaksanakan titik nol

Lanjut Wezi menjelaskan, pembangunan JUT ini merupakan hasil musyawarah bersama elemen masyarakat desa. JUT yang berada di dusun III tersebut, cukup vital keberadaannya, dikarenakan juga merupakan akses menuju Masjid At Taqwa Desa Semelako I.

“Dengan adanya JUT, tentunya sangat bermanfaat bagi para petani dan masyarakat, selain membantu masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian, juga merupakan akses utama warga menuju ke Masjid At Taqwa,” jelasnya.

Selain JUT, Pemdes Semelako I juga melaksanakan titik nol pembangunan irigasi yang terletak di dusun 1. Dengan volume panjangnya 82 meter, dengan anggara senilai Rp 77 juta rupiah. Wezi menambahkan, penentuan titik nol ini adalah sebagai tanda dimulainya proses pembangunan dua infrastruktur penting yang dibutuhkan warga Desa Semelako I.

“Alhamdulillah, berkat adanya dana desa tambahan yang kami terima pada tahun 2023 ini. Kami juga membangun saluran irigasi,” jelas Wezi.

Titik nol pembangunan irigasi di dusun I

Dengan adanya pembangunan ini, Wezi pun berharap bisa berjalan lancar dan segera rampung dalam proses pengerjaannya.

“Semoga pembangunan ini bisa berjalan lancar dan segera rampung agar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa, baik masyarakat desa Semelako I, maupun sekitarnya ,” harap Wezi.

Terpantau, kegiatan ini dihadiri Sekretaris Camat Lebong Tengah, BPD Semelako I, Babinkantibmas, Babinsa, Pendamping Desa, pendamping lokal desa, dan perangkat desa Semelako I.

Untuk diketahui, Pjs Kades Semelako I ini cukup gencar dalam pembangunan infrastruktur desa, seperti pada tahapan realisasi DD sebelumnya,  Pemdes telah membangun irigasi sepanjang 132 meter di Dusun III, bangunan tersebut menyerap anggaran sekitar Rp 187 juta. Dan untuk ketahanan pangan telah melakukan pengadaan bibit lele sebanyak 27.000 ekor. Lele tersebut dikelola per dusun, masing-masing dusun mendapat 9.000 ekor. [Traaf/Adv]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya
Close
Back to top button